Jumat, 02 Desember 2011

TUGAS INDIVIDU IPS


KERJA INDIVIDU I
1.       Pengertian IPS ?
IPS adalah bagian ilmu yang dipilih untuk keperluan pendidikan atau perpaduan beberapa disiplin ilmu sosial yang dipelajari dari sejak pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan tertinggi . Pengkajianya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah, dalam kurikulum yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas subjek sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
2.       Ruang lingkup IPS ?
Membelajaran materi-materi ilmu sosial yang bersangkutan dengan masyarakat, begitu juga ruang lingkup pembelajaran IPS harus di sampaikan secara terpadu karena hakikat pembelajaran IPS tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktis sehingga ruang lingkup pengajaran IPS pada jenjang pendidikan dasar berbeda dengan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi ,untuk jenjang pendidikan dasar ruang lingkup pembelajaran IPS harus dibatasi sampai pada jenjang masalah yang dijangkau pada geografi dan sejarah, untuk jenjang pendidikan menengah ruang lingkup kajian diperluas,dan untuk jenjang pendidikan tinggi menjadi sarana melatih daya pikir dan daya nalar mahasiswa secara berkesinambungan.
3.       Tujuan IPS ?
Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial, menyusun alternative pemecah masalah, kemampuan dalam berkomunikasi, menumbuhkan sikap mental yang positif, dan kemampuan mengembangkan pengetahuan dari ilmu IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat.

KERJA INDIVIDU 2
1.       Uraikan latar belakang lahirnya IPS dari aspek sosiologi ?
Tinjauan latar belakang sosiologi dilakukan ditempat  lahirnya IPS yang pada awalnya social studies pertama kali digunakan dalam krikulum sekolah Rugby di inggris ada tahun 1827.Awal dimasukanya IPS kedalam kurikulum dimulai dari kondisi masyarakat inggris pada waktu itu yang tengah mengalami kekacauan akibat revolusi industri yang melanda Negara itu. Jadi, manusia kehilangan kemanusiaanya terhadap keadaan yang sedang dialaminya ,pada saat itu Arnold memasukan IPS kedalam kurikulum sekolahnya, Upayanya kemudian ditiru oleh banyak sekolah lain, dan sekaligus menjadi awal berkembangnya IPS di sekolah.




2.       Uraikan latar belakang lahirnya IPS dari aspek Pedagogis ?
Lahirnya IPS juga dilatar belakangi oleh keinginan untuk menjadikan peserta didik agar menjadi warga masyarakat yang bertanggung jawab, serta dapat mewujudkan kewajiban dan hak nya dalam menjalani suatu kehidupan bermasyarakat. Dengan mempelajari IPS, peserta didik di harapkan tidak hanya mementingkan kebutuhan sendiri, tetapi mereka harus menjadi warga masyarakat yang memiliki watak sosial yang selalu sadar bahwa hidup itu saling membutuhkan satu dengan yang lainya .
Dalam teori ini, digambarkan bahwa peserta didik merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh dalam  kehidupan, mereka tidak memisahkan satu aspek dengan aspek yang lain. Oleh karena itu, seluruh aspek kehidupan disajikan sekaligus agar peserta didik tahu seluruh segi kehidupan yang lebih besar pula, karena mereka tidak melihat masyarakat bagian perbagian tetapi menyeluruh. Jadi itulah latar belakang pedagogis dikembangkan dengan berbagai kemiripan bagi seluruh masyarakat Indonesia, sebagaimana pedagogis halnya pengalaman inggris dan amerika sebagai wahana pembinaan sikap sosial bagi peserta didik.
3.       Sebutkan dan jelaskan 3 tradisi pembelajaran IPS ?
v  Pembelajaran IPS sebagai transmisi kewarganegaraan
Sebagai transmisi kewarganegaraan merupakan proses pewarisan dalam suatu masyarakat yang memiliki nilai budaya yang baik dan disepakati oleh masyarakat, sehingga dapat membentuk warga Negara yang dapat memenuhi kewajiban, mentaati hukum, dan bertanggung jawab dalam membela Negara. Oleh sebagian ahli bentuk proses pendidikan yang statis, hal ini dikarenakan ditengah kehidupan masyarakat yang terus mengalami perubahan, jika dikaitkan dengan kehidupan masyarakat yang sedang berkembang, maka model pembelajaran transmisi kewarganegaraan ini kurang relevan. Oleh sebab itu, pembelajaran IPS harus dikembangkan untuk masyarakat Indonesia.
v  Pembelajaran IPS sebagai ilmu sosial
Di dasarkan pada asumsi bahwa peserta didik dapat berfikir secara kritis. Mampu mengobservasi dan meneliti seperti oleh para ahli, tujuan IPS sebagai ilmu sosial adalah menciptakan warga Negara yang mampu belajar secara baik. Cara berfikir demikian  juga penting yntuk menyusun generalisasi pada suatu bidang ilmu sosial.
v  Pembelajaran IPS sebagai inkuiri yang reflektif
Inkuiri dalam bahasa Indonesia berarti pertanyaan, pengertian inkuir juga meliputi mengidentifikasi masalah sosial yang harus di perbaiki. Jadi inkuir reflektif adalah proses berpikir yang mendalam atau dengan kata lain dapat di artikan sebagia proses merenung.



4.              Jelaskan pembelajaran IPS yang paling dominan diterapkan di Indonesia ?
Pertama pembelajaran IPS sebagai transmisi kewarganegaraan, hal ini dikarenakan ditengah kehidupan masyarakat yang dinamis dengan keadaan perkembangan dunia yang terus mengalami perubahan serta keterampilan yang lebih luas dan kompleks,jika dikaitkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia yang berkembang maka pembelajaran transmisi kewarganegaraan ini tidak relevan bagi pembelajaran IPS ini harus dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
Kedua pembelajaran IPS sebagai ilmu sosial, Pembelajaran warga masyarakat seluruhnya tidak hanya di fokuskan pada aspek kemampuan intelektuanya, tetapi harus diseimbangkan dengan kondisi emosionalnya, karena pembelajaran IPS bersifat akademis.Maka dari itu mereka diharapkan  bisa menjadi warga masyarakat yang demokratis dan dapat berfikir seperti para ilmu sosial.
Ketiga pembelajaran IPS sebagai inkuiri Reflektif, Pada dasarnya proses penelaahan dan pemikiran yang mendalam merupakan awal strategi pembelajaran yang bermanfaat dalam membina peserta didik menjadi kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Dengan demikian pembelajaran,model inkuairi merupakan salah satu model yang tepat untuk dapat menciptakan manusia yang cendekia. 

KERJA INDIVIDU 3
1.       Jelaskan latar belakang perkrmbangan kurikulum  IPS di Indonesia ?
Perkembangan IPS di Indonesia dilatar belakangi oleh beberapa hal,diantaranya :
Ø  Pengalaman hidup masa lalu dengan situasi sosial yang lebih mengutamakan masa depan yang lebih matang dan untuk sebagai bangsa yang bulat.
Ø  Laju perkembangan pendidikan teknologi dan budaya Indonesia memerlukan kebijakan pendidikan yang sama dengan laju perkembangan tersebut.
Ø  Agar hasil pendidikan sekolah benar-benar lebih relevan  dengan tuntunan masyarakat.
2.       Jelaskan perkembangan kurikulum pendidikan IPS tahun 1964, 1968, 1975, 1984, 1994 berdasarkan posisi kuriikulumnya?
·         Tahun 1964
Dalam struktur ini dikenal adanya dua kelompok yakni kelompok dasar dan kelompok cipta. Kelompok dasar adalah kelompok yang terdiri atas sekumlah mata pelajaran yang dianggap paling penting dalam pengembangan kepribadian siswa siswi sesuai dengan kualitas an kuantitas yang diharapkan dalam tujuan pendidikan nasional. Pembelajaran kelompok dasar ini terdiri atas sejarah dan geografi. Sedangkan mata pelajaran kelompok cipta adalah mata pelajaran yang berkaitan dengan kehidupan di masyarakat diluar wilayah geografi  Indonesia, mata pelajaran ini terdiri atas sejarah dunia dan geografi dunia.
·         Tahun 1968
Dalam kurikulum ini pendidikan dasar dan menengah, pendidikan ilmu sosial masih tetap di wakili oleh pendidikan sejarah, geografi dan ekonomi. Dalam kurikulum 1968 pembelajaran IPS tidak mengalami perubahan dari sebelumnya, karena pendidikan sejarah dan geografi di Indonesia masih dalam pelajaran kelompok dasar. Sedangkan ilmu sosial dan yang lainya termasuk kedalam kelompok cipta.
·         Tahun 1975
Dalam pembahasan kurikulum tahun 1975 ini ,materi Biodfile IPS meliputi disiplin geografis, sejarah dan ekonomi sebagai disiplin utama. Untuk jenjang MI/SD mata pelajaran IPS harus menggunakan pendekatan sesuai dengan indo IPS. Sedangkan untuk jenjang MTS/SMP menggunakan pendidikan terpisah, untuk jenjang pendidikan menengah,materi IPS meliputi geografi dan kedudukan sejarah, antropologi budaya, ekonomi dan koperasi serta tata buku dan hitung dagang. Oleh karena itu IPS pada tahun 1975 adalah paduan sejumlah mata pelajaran ilmu sosial.
·         Tahun 1984
Merupakan penyempurnaan kurikulum yang hanya digunakan untuk menyebutkan mata pelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dengan demikian tiap-tiap disiplin memiliki GBPP yang berbeda secara fisik terpisah dan isinya tidak berhubungan. Sedangkan program pilihanya hanya diberikan kepada kelas/jurusan tertentu yang dimasuki menjadi program pilihan-program inti.
·         Tahun 1994
Kajian terhadap GBPP disebutkan bahwa kondisi ideal menganjurkan IPS agar di ajarkan oleh guru-guru yang berbed,akan tetapi tidak memungkinkan ke-3 disiplin tersebut di ajarkan oleh guru yang sama. Prihal yang dimiliki tidak saja memperkuat kemandirian melainkan menunjuk bentuk pendidikan tentang ilmu sosial yang di inginkan. n
3.       Analisis perkembangan posisi kurikuler pendidikan IPS berdasarkan muatan dan kajian dalam setiap kurikulum ?
Pada posisinya kurikulum semacam ini kurang menguntungkan, bila pembelajaran ilmu sosial di MTS/SMP diajarkan dalam bentuk terpisah, karena akan mengakibatkan ketidak kenyataan kurikulum. Pada bagian awal pengertian IPS jelas memperhatikan bagian adanya upaya untuk menggunakan bentuk pendidikan IPS yang korelatif, tetapi pada pembuktianya dalam kalimat berikut menunjukan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum IPS didasarkan pada pendekatan disiplin terpisah. Jadi kiranya penggabungn kurikulum dengan nama IPS hanya menghilangkan kesan padatnya materi kurikulum yang di ajarkan kepada anak didik.




KERJA INDIVIDU 4
1.       Jelaskan pengertian ilmu sosial ?
Ilmu-ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari segala aspek masyarakat  yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, dengan kata lain ilmu sosial yaitu ilmu yang kajianya tentang tingkah laku manusia dalam konteks sosialnya yang sedang mereka jalani. 
2.       Jelaskan pengertian ilmu IPS ?
Penggabungan beberapa disiplin ilmu sosial yang dipelajari sejak jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan tinggi,yang dikemas dengan materi yang sederhana dan mudah di mengerti dan dipelajari untuk tujuan instruksional di sekolah.
3.       Jelaskan IPS sebagai social sciences ?
Materi IPS bersumber dari paduan dan intergrasi ilmu-ilmu sosial yang telah disederhanakan dan dipilih sesuai dengan pembelajaran disekolah,karena ilmu IPS bersifat relatif. Oleh karenanya pembelajaran disekolah kebanyakan merupakan kelanjutan dari kurikulum warisan Belanda dan Jepang.
4.       Jelaskan IPS sebagai social studies ?
Pada dasarnya IPS adalah study atau kajian masalah-masalah sosial yang bermula dari ilmu-ilmu sosial yang sederhana untuk kepentingan tujuan pendidikan disekolah yaitu menciptakan warga Negara yang baik ,oleh karena itu IPS bukan saja pengetahuan tetapi merupakan sumber ilmu yang disusun secara baik menurut kepentingan pendidik. Karena itu IPS berada di tengah-tengah antar ilmu sosial dan pengetahuan sosial.
5.       Jelaskan persamaan social sciences dan social studies ?
Persamaan diantara keduanya terletak pada sasaran yang di selidiki yaitu manusia dalam kehidupan masyarakat, keduanya sama-sama membahas tentang masalah yang timbul akibat hubungan manusia.Dengan kata lain keduanya mempelajari tentang masyarakat manusia  dalam kehidipan yang mereka jalani.
6.       Jelaskan perbedaan social sciences dan social studies ?
Perbedaan yang paling penting antara ilmu-ilmu sosial dengan pengetahuan terletak pada tujuanya masing-masing , oleh karena itu ilmu sosial ini bertujuan memajukan dan mengembangkan konsep melalui training ilmiah dengan melakukan hipotesis untuk menghasilkan teori. Tujuan ilmu sosial ini bersifat pendidikan bukan penemuan teori, karena agar siswa mampu mengerjakan ilmu pengetahuan sosial yang telah di ajarkan. Jadi perbedaan social sciences dan social studies terletak pada tujuan masing-masing.ilmu sosial bertujuan mengembangkan konsep sedangkan social studies bersifat pendidikan.
KERJA INDIVIDU 5
1.       Jelaskan hubungan antara IPS dan ilmu-ilmu sosial ?
IPS merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari ilmu-ilmu sosial karena kajian ini merupakan bidah study yang mengambil fakta, konsep, prinsip, dan generlalisasi dari ilmu-ilmu sosial yang sudah disederhanakan dan dikemas secara menarik untuk kepentingan pendididkan,IPS berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial yang meliputi geografi, ekonomi, politik, sejarah, antropologi, sosiologi, psikologi sosial, dan hukum, maka dari itu hubungan keduanya sangat erat untuk menunjang penggabungan ilmu-ilmu yang tak mungkin bisa tuk dipisahkan satu dengan yang lainya.
2.       Jelaskan hubungan IPS dan ilmu ekonomi ?
IPS mengambil materi tentang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dan masalah-masalah  yang timbul dari usaha tersebut.
3.       Jelaskan hubungan IPS dan ilmu pilitik ?
IPS mengambil materi ilmu politik yang membahas tentang usaha manusia yang mengorganisasikan kekuasaan dalam mengatur jalanya manusia dalam menjalankan kepentingan rakyat dan bangsa.
4.       Jelaskan hubungan IPS dan geografi ?
IPS mempelajari materi geografi yang berkaitan dengan ruang bumi, garis lintang, bujur, arah, jarak, lokasi ruang, kondisi alam, tata lingkungan, sumber daya alam, serta interaksi antar bangsa dan manusia dengan lingkungan.
5.       Jelaskan hubungan IPS dan antropologi ?
Pembelajaran IPS dengan materi antropologi terkait dengan kajian hasil budidaya manusia dalam menjaga eksisitensinya dan usaha meningkatkan kehidupan baik aspek lahiriah maupun batiniah.
6.       Jelaskan hubungan IPS dan ilmu sejarah ?
Pengambilan materi sejarah dalam pembelajaran IPS mengenai keterkaitan cara hidup manusia yang dilihat dari kurun waktu masa lalu.
7.       Jelaskan hubungan IPS dan sosiologi ?
Pembelajaran IPS mengambil materi sosiologi yang mengkaji masyarakat secara keseluruhan dan hubungan antara individu dan masyarakat tersebut.
8.       Jelaskan hubungan IPS dan psikologi sosial ?
Pengambilan materi psikologi sosial dari IPS tentang mempelajari prilaku indivi, kelompok, dan masyarakat yang dipengaruhi oleh situasi sosial, pengetahuan, pemikiran, tanggapan dan spekulasi.
9.       Jelaskan hubungan IPS dan ilmu ekonomi ?
 IPS mengambil materi tentang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dan masalah-masalah  yang timbul dari usaha tersebut.
10.   Jelaskan perbedaan IPS dan ilmu-ilmu sosial ?
Perbedaanya, ilmu IPS yaitu bersifat pendidikan, bukan penemuan teori ilmu sosial, sedangkan ilmu-ilmu sosial merupakan pengetahuan sosial yang terletak pada tujuannya masiang-masing,dengan kata lain tujuan disini adalah mengembangkan konsep dan generlisasi melalui pelatihan ilmiah dengan melakuakan penelitian untuk mrenghasilkan teori atau teknologi baru.
KERJA INDIUIDU 6
1.       Jelaskan pengertian fakta dan berikan contohnya ?
Fakta adalah suatu kejadian yang sering kita ketahui yang perlu dipahami sebagai bahan kajian yang penting untuk di amati, dikaji dan dianalisisi dalam suatu kehidupan masyarakat. Contohnya perdagangan wanita, pemerkosaan, narkoba dll.
2.       Jelaskan pengertian konsep dan berikan contohnya ?
Konsep adalah suatu yang abstrak karena merupakan ideu yang ada pada pikiran . Atau suatu rancangan ideu yang ada pada pemikiran manusia untuk membentuk sesuatu yang dimaksud,yang dimaksud disini tentang suatu benda, pristiwa atau hal-hal. Contohnya,mengenal banyak data perang seperti di ponogoro dll.  
3.       Jelaskan pengertian generalisasi dan berikan contohnya ?
Generalisasi adalah suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah individual menuju simpulan umum yang mengikat sejumlah fenomena kejadian dengan individual yang diselidiki. Contohnya, uang yang berhubungan dengan kebutuhan dan keinginan.
4.       Jelaskan perbedaan antara fakta, konsep dan generalisasi ?
Fakta adalah kejadian,subjek/gejala yang sudah dapat di benarkan oleh indra.
Konsep adalah kumpulan dari seluruh fakta yang memiliki cirri yang sama.
Generalisasi adalah pernyataan tentang hubungan dua konsep atau lebih.

KERJA INDIVIDU 7
1.       Sebutkan jenis-jenis pendekatan dalam IPS ?
ü  Pendekatan monodisiplin/struktusi
ü  Pendekatan multi dan interdisiplin
ü  Pendekatan lingkungan meluas
ü  Pendekatan situasi kehidupan
2.       Jelaskan pengertian pendekatan monodisiplin dan berikan contohnya ?
Pendekatan monodisiplin yaitu suatu pendekatan yang bahan pelajaran diorganisir atau bertitik murni berdasarkan disiplin ilmu yang bersangkutan tanpa mempertaukan cabang ilmu lain.
Contohnya, pelajaran ilmu sosial khusus ilmu sosial saja tanpa mengkaitkan dengan ilmu lain.
3.       Jelaskan pengertian pendekatan multi dan interdiplin dan berikan contohnya?
Merupakan pendekatan yang terpadu, dengan kata lain ialah pendekatan suatu konsep dari suatu cabang ilmu yang bahanya diorganisasi dari berbagai cabang ilmu sosial secara terpadu. Contohnya, transmigrasi sebagai konsep geografi, materinya diisi oleh geografi sebagai materi kunci ekonomi, sejarah, dan sosiologi.
4.       Jelaskan perbedaan pendekatan monodisiplin dan multi disiplin atau interdisiplin ?
Pendekatan monodisplin : suatu pendekatan yang bahan pelajaranya tidak mempertaukan dengan cabang ilmu lainnya.
Pendekatan multidisiplin : pendekatan suatu konsep yang bahannya diorganisasikan dari berbagai cabang ilmu sosial secara terpadu.
5.       Jelaskan pengertian pendekatan lingkungan meluas dan berikan contohnya?
Merupakan pendekatan yang berangkat dari lingkungan yang terdekat, selanjutnya bertahap secara sistematis dan bergerak dalam lingkaran konsentris keluar dari lingkaran tersebut, kemudian mengembangkanya menghadapi unsure-unsur dunia yang lebih luas. Contohnya,terusan dari anak, diri sendiri, keluarga, masyarakat, tetangga, kota, wilayah, Negara dan dunia.  
6.       Jelaskan pengertian pendekatan situasi kehidupan dan berikan contohnya ?
Pendekatan yang berorientasi kemasyarakatan sehingga lebih banyak melibatkan masyarakat dari pada teks book atau disiplin ilmu, contohnya, aspek ekonomi dalam masyarakat yang mencakup kebutuhan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan hidupnya yang meliputi sandang, papan,pangan, pendidikan, kesenian, keagamaan dll.
7.       Jelaskan perbedaan antara pendekatan lingkungan meluas dan lingkungan situasi kehidupan ?
Perbedaanya, pendekatan lingkungan meluas ialah pendekatan yang berangkat dari lingkungan terdekat, tetapi secara bertahap dan kemudian mengembangkanya keluar dunia yang lebih luas .sedangkan lingkungan situasi kehidupan ialah pendekatan yang hanya melibatkan masyarakat saja.
8.       Buatlah tabel perbedaan keempat pendekatan dalam IPS?
Pendekatan
Perbedaan
Pendekatan monodisiplin
Suatu pendekatan yang bahan pelajaranya tidak mempertaukan dengan cabang ilmu lainnya.
Pendekatan multidisiplin
Pendekatan suatu konsep yang bahanya diorganisasikan dari berbagai cabang ilmu sosial secara terpadu.
Pendekatan lingkungan meluas
Pendekatan yang dimulai dari lingkungan yang terdekat
Pendekatan situasi kehidupan
Pendekatan yang berorientasi kemasyarakatan yang lebih melibatkan masyarakat daripada disiplin ilmu.
 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar